baydee Door and window picture

Pemilihan jendela yang tepat menjadi hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hunian atau bangunan. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih jendela yang tepat adalah visible transmittance atau VT. VT adalah ukuran yang mengidentifikasi seberapa banyak cahaya matahari yang dapat melewati sebuah jendela dan masuk ke dalam ruangan. Semakin tinggi nilai VT, semakin banyak cahaya matahari yang bisa masuk ke dalam ruangan dan semakin tinggi pula tingkat keterangannya. Nilai VT dari jendela dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti ukuran dan warna kaca, lapisan, dan jenis kaca itu sendiri.

Sebagai pemilik rumah atau bangunan, tentunya kita menginginkan cahaya yang cukup masuk ke dalam ruangan tanpa perlu mengandalkan lampu setiap saat. Cahaya alami matahari yang masuk ke dalam rumah lebih ramah lingkungan dan bisa membantu kita menghemat biaya listrik. Selain itu juga, cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan bisa membuat ruangan terasa lebih lapang, cerah, dan segar. Namun, terlalu banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan juga bisa membuat ruangan terasa panas dan menyebabkan bleaching pada furnitur dan perabotan rumah tangga.

Maka dari itu, ketika memilih jendela, kita harus memperhatikan nilai VT yang cocok dengan kebutuhan kita. Untuk jendela kaca, nilai VT yang disarankan berkisar antara 0.3 hingga 0.7. Namun, untuk daerah tropis seperti Indonesia, sangat disarankan untuk memilih jendela dengan nilai VT yang lebih tinggi, yaitu antara 0.5 hingga 0.7. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi sepanjang tahun. Dengan mempertimbangkan faktor ini, nilai VT yang tinggi memungkinkan lebih banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan dan membawa manfaat positif bagi penghuni dan lingkungan.

Meskipun demikian, kita juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain saat memilih jendela yang tepat. Salah satunya adalah pengaruh lapisan pada kaca jendela. Ada beberapa jenis lapisan yang bisa menurunkan nilai VT dari kaca jendela, seperti lapisan anti-UV, lapisan pengurang panas, atau lapisan pengurang sinar matahari. Jenis lapisan tersebut diperlukan untuk mencegah efek negatif sinar matahari seperti bleaching dan pemanasan berlebih pada ruangan. Namun, hal ini juga berarti jumlah cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan akan berkurang.

Jadi, seberapa pentingkah nilai VT dalam memilih jendela yang tepat? Tentunya, jawabannya cukup penting. Meskipun terdapat beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan, nilai VT yang tepat bisa membantu kita memilih jendela yang mudah membawa cahaya alami dan udara segar ke dalam rumah tanpa mempengaruhi kenyamanan penghuni. Selain itu juga, pemilihan jendela berkualitas dengan nilai VT yang sesuai juga bisa membantu kita menghemat biaya energi dan merawat lingkungan.

Dalam kesimpulannya, kita perlu memperhatikan visible transmittance saat memilih jendela yang tepat untuk kebutuhan kita. Memilih jendela dengan nilai VT yang tepat bisa membantu kita mendapatkan manfaat yang terbaik dari sinar matahari dan menjaga kenyamanan penghuni. Terakhir, penting juga untuk memperhatikan faktor-faktor lain seperti lapisan kaca saat memilih jendela yang sesuai untuk kebutuhan hunian atau bangunan kita.