baydee Door and window picture

Jendela merupakan komponen penting dalam bangunan seperti rumah, gedung, atau kantor. Selain berfungsi sebagai sumber pencahayaan alami, jendela juga dapat meningkatkan sirkulasi udara dalam ruangan. Namun, selain faktor estetika, keamanan dan kenyamanan juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tipe jendela yang tepat. Saat ini, terdapat banyak jenis jendela yang beredar di pasaran, salah satunya adalah jendela komposit atau composite window.

Apa itu Composite Window?

Composite window atau jendela komposit merupakan jenis jendela yang terbuat dari bahan campuran atau kombinasi dari beberapa jenis material seperti kayu, PVC (Polyvinyl Chloride), dan fiberglass. Penggunaan komponen-komponen tersebut membuat kualitas jendela menjadi lebih baik karena kemampuan bahan-bahan tersebut dapat dipadukan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Karakteristik Composite Window

1. Ramah Lingkungan Composite window ramah lingkungan karena terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang. Selain itu, penggunaan bahan-bahan yang menghasilkan emisi rendah selama produksi jendela juga membuatnya menjadi lebih ramah lingkungan.

2. Tahan cuaca dan Korosi Jendela komposit dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca yang ekstrem, seperti hujan, terpaan angin kencang, atau bahkan sinar UV yang berlebihan. Bahan PVC dan fiberglass pada jendela komposit mampu menghindari karat dan korosi.

3. Isolasi yang Baik Jendela komposit memiliki kemampuan isolasi termal dan akustik yang sangat baik. Hal ini disebabkan oleh sifat bahan kayak dan PVC yang mampu menahan konduktivitas panas dan suara.

4. Tampilan Estetik Jendela komposit memberikan tampilan yang estetik secara keseluruhan baik di bagian dalam maupun luar gedung. Dengan tampilan yang modern, jendela ini dapat menambah nilai estetik rumah atau gedung tempat jendela digunakan.

5. Tahan Terhadap Rayap dan Serangga Jendela komposit lebih tahan terhadap rayap dan serangga dibandingkan jendela yang terbuat dari bahan kayu. Jendela kayu cenderung lebih mudah terkena serangan rayap sehingga memerlukan perawatan ekstra agar tetap tahan lama.

Kekurangan Composite Window

Meskipun memiliki kelebihan yang banyak, jendela komposit juga memiliki kekurangan yaitu harga yang lebih tinggi dibandingkan jendela kayu. Hal ini disebabkan oleh bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jendela komposit yang berkualitas tinggi.

Bagaimana Cara Merawat Composite Window?

Salah satu cara untuk merawat jendela komposit adalah dengan membersihkannya secara rutin. Bersihkan jendela komposit dari kotoran atau debu yang menempel dengan menggunakan air dan sabun pembersih. Gunakan produk pembersih yang tidak mengandung bahan-bahan keras agar tidak merusak permukaan jendela. Selain itu, hindari penggunaan pembersih kain atau kuas kasar yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan jendela.

Kesimpulan

Jendela komposit adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan tampilan estetika, keamanan, kenyamanan, dan keamanan lingkungan. Bagi mereka yang mencari jendela dengan sifat isolasi yang bagus dan lebih tahan cuaca dan kerusakan, jendela komposit adalah pilihan yang tepat. Meskipun harganya lebih tinggi daripada jendela kayu atau PVC biasa, jendela komposit lebih tahan lama dan ramah lingkungan.