baydee Door and window picture

Jendela adalah bagian penting dari rumah kita. Selain menambahkan nilai estetika pada rumah, jendela juga membantu menambah pencahayaan alami dan ventilasi di dalam rumah. Namun tidak semua jendela di rumah Anda memberikan efek yang sama pada suhu dalam rumah. Ada beberapa jendela yang menyerap panas lebih banyak dari yang lain.

Beberapa faktor mempengaruhi sejauh mana jendela memengaruhi suhu dalam rumah. Di antara faktor-faktor tersebut adalah ukuran dan jenis jendela, serta orientasi rumah Anda. Mari kita pelajari dengan lebih rinci.

Jendela yang Terpapar Langsung Cahaya Matahari

Jendela yang menghadap ke selatan dan barat umumnya lebih banyak terpapar cahaya matahari selama hari. Ini membuat jendela ini lebih cenderung menyerap panas terutama jika Anda menggunakan kaca tunggal. Kaca tunggal jauh lebih buruk untuk mengisolasi rumah Anda dan memungkinkan panas dari luar untuk masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, jendela ini dapat memengaruhi suhu ruangan yang tidak diinginkan.

Jendela dengan Ukuran yang Besar

Jendela besar lebih cenderung memengaruhi suhu ruangan Anda daripada jendela kecil. Ini karena lebih banyak area permukaan jendela, yang dapat menghasilkan lebih banyak panas yang masuk atau keluar. Namun, tidak selalu masalah ukuran - jenis kaca juga berpengaruh. Jendela-ganda dan kaca low-e dapat membantu mengurangi jumlah panas yang dapat terlepas atau masuk ke rumah Anda sehingga jendela besar sama efisien dengan jenis jendela yang lebih kecil.

Semakin Banyak Jendela, Semakin Tinggi Suhu

Jumlah jendela yang terletak di suatu ruangan juga dapat mempengaruhi suhu. Semakin banyak jendela yang ada, semakin banyak panas yang dapat masuk ke dalam rumah. Beberapa orang mungkin memiliki rumah dengan banyak jendela untuk menikmati pandangan yang indah dari lingkungan sekitar dan lebih pencahayaan alami. Namun, ini bisa menjadi masalah pada musim panas ketika banyak panas dari luar yang terasa tidak nyaman dan meningkatkan tagihan AC Anda.

Jendela pada Rumah Berorientasi Selatan dan Barat

Jika rumah Anda menghadap ke selatan atau barat, maka jendela yang menghadap ke arah ini akan lebih terpapar sinar matahari. Sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah dan mempercepat suhu kamar yang dihadapinya. Dalam kasus seperti ini, mempertimbangkan kombinasi kaca ganda dan kaca bergelombang bisa menjadi solusi yang tepat untuk memperlambat masuknya sinar matahari dari luar.

Menurunkan Suhu dengan Jendela Jenis Low-E

Jendela low-E adalah jenis jendela yang dilapisi dengan bahan khusus yang membantu memantulkan panas dan radiasi inframerah kembali ke luar. Dalam hal ini, sinar matahari masuk ke dalam ruangan tetapi energi radiasi inframerah yang berbahaya bisa dihindari dari memasuki ruangan dan menaikkan suhu. Jenis jendela ini sangat populer dalam situasi di mana sinar matahari sangat intens atau di daerah kota yang padat penduduk dengan sinar matahari yang tak terhalang.

Pilihan Tertentu untuk Jendela

Ada beberapa pilihan ketika datang ke jendela untuk membuat rumah Anda lebih dingin. Kaca ganda atau kaca bergelombang membantu membatasi seberapa banyak panas yang masuk ke dalam rumah, dan jendela yang terbuat dari kaca low-e bisa membantu memantulkan sinar matahari itu kembali ke luar. Shades dan perisai matahari juga dapat membantu menahan panas, dengan shades yang disarankan untuk menghadapi tepi jendela yang menghadap ke arah utara atau selatan untuk mengurangi jumlah sinar matahari yang meresap ke dalam rumah.

Akhirnya, seberapa banyak suhu rumah Anda dipengaruhi oleh jendela dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Namun dengan pemilihan jendela yang tepat, Anda dapat menyesuaikan lingkungan rumah Anda, temperatur dalam rumah, dan tagihan utilitas Anda. Tentukan jenis jendela yang paling sesuai untuk rumah Anda dan nikmati keuntungan dari pilihan ini di dalam maupun di luar rumah Anda dalam segala musim!