baydee Door and window picture

Pilihan jendela rumah bukan sembarangan hal karena ini bisa menentukan bagaimana energi rumah kita akan terpakai. Tidak hanya itu saja, pemilik rumah juga harus memilih desain jendela yang cocok dengan rumah dan kebutuhan pemiliknya. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan adalah efisiensi energi. Berbagai jenis jendela tersedia di pasaran, tetapi jenis mana yang paling efisien dari segi energi?

1. Jendela Low-E

Jendela Low-E adalah pilihan favorit untuk rumah energi efisien karena dapat mengurangi hilangnya panas. Low-E adalah akronim dari "low emissivity". Ini menunjukkan bahwa lapisan tipis pelapis antiresipasi diterapkan pada permukaan dalam atau luar kaca. Dengan mengurangi jumlah panas yang hilang atau dipancarkan ke luar rumah, jendela Low-E akan membuat lingkungan di dalam rumah lebih hangat dan nyaman.

Lapisan Low-E bisa diterapkan pada kaca tunggal maupun ganda. Namun, jendela Low-E dengan kaca ganda biasanya lebih efisien karena antara dua kaca adalah ruang yang diisi dengan gas inert seperti argon yang memperkuat isolasi termal.

2. Jendela tahan cuaca

Jendela tahan cuaca terbuat dari bahan yang tahan dari cuaca yang merusak seperti hujan, salju, dan angin. Ada banyak tipe jendela yang bisa disebut jendela tahan cuaca, tetapi yang paling efisien untuk energi adalah yang memiliki kaca ganda dan kerangka berongga dan penuh busa.

Jendela jenis ini sering disebut jendela "insulated" karena mereka membentuk lembaran isolasi antara interior dan eksterior rumah dan mengurangi kehilangan panas. Lebih lanjut lagi, mereka sering memiliki kaca Low-E juga, jadi selain mampu melindungi rumah dari cuaca ekstrem, jendela ini juga tetap efisien dalam menciptakan energi rumah yang hemat.

3. Jendela tahan bising

Jendela tahan bising adalah solusi yang ideal bagi pemilik rumah yang tinggal di atau dekat lingkungan dengan tingkat kebisingan yang tinggi seperti di dekat bandara atau jalan utama yang sibuk. Jendela ini memiliki kaca ganda dan tengahnya diisi dengan lapisan bahan isolasi yang kuat untuk menahan kebisingan. Mereka juga cenderung memiliki lebih banyak lapisan dan lebih berat dari jendela biasa, jadi mereka bisa menjadi pilihan yang baik untuk penggunaan jangka panjang. Mereka sering mengurangi kebisingan hingga 95% dan terbukti memberikan hasil yang positif untuk lingkungan yang tenang di rumah.

4. Jendela vinyl

Jendela vinyl menjadi pilihan yang populer bagi pemilik rumah yang mencari efisiensi energi, terutama di kawasan dengan cuaca yang bervariasi. Ini adalah bahan yang tahan lama dan ringan yang tidak memerlukan perawatan yang berlebihan. Mereka biasanya mengandung kemampuan isolasi tinggi pada kerangka utama dan tidak ada kaca jendela yang dapat menonjol.

Umumnya, jendela vinyl terdiri dari kaca ganda atau triple-paned dan menawarkan insulasi yang sangat baik. Selanjutnya, selama penggunaan jangka panjang, jendela vinyl sangat terbukti efisien dalam mengurangi kehilangan panas dan meningkatkan efisiensi energi rumah.

5. Jendela kayu

Jendela kayu sering dianggap sebagai jendela klasik dan memiliki banyak keuntungan dalam hal estetika dan gaya. Mereka tersedia dalam berbagai ukuran dan tampilan dan sering menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menonjolkan tampilan tradisional rumah mereka.

Jendela kayu juga saat ini diketahui untuk keefisienannya seiring perkembangan teknologi pengolahan kayu masa kini. Kayu yang digunakan biasanya diawetkan dengan sangat baik, sehingga tidak mudah lapuk atau busuk. Ini memberikan kualitas isolasi yang baik dan tetap kerap diterapkan pada banyak proyek pembangunan rumah baru.

Kesimpulannya, pilihan untuk jendela rumah pada dasarnya didasarkan pada kebutuhan pemilik rumah dan jenis rumah itu sendiri. Namun ada jenis-jenis jendela yang secara umum dikenal sebagai efisien dalam mengisolasi lingkungan dalam rumah dan menciptakan lembaran yang cocok untuk lingkungan yang energi efisien. Beberapa jenis jendela seperti jendela tahan cuaca, jendela Low-E, jendela tahan bising, jendela vinyl, dan jendela kayu telah terbukti menjadi solusi yang cocok bagi rumah yang efisien dan hemat energi.