baydee Door and window picture

Ramalan cuaca ekstrem dan naiknya suhu global menjadi alasan untuk lebih memperhatikan penghematan energi dan isolasi rumah. Salah satu cara terbaik untuk menghemat energi dalam rumah adalah dengan memastikan untuk memiliki kaca jendela insulasi tinggi atau kaca jendela berlapis.

Beberapa jenis jendela memiliki insulasi yang lebih tinggi daripada yang lain. Insulasi jendela dapat diukur dengan koefisien U, yang menentukan seberapa baik kaca menahan panas ke dalam atau keluar rumah.

Berikut adalah beberapa jenis jendela dengan insulasi tertinggi yang tersedia di pasaran saat ini.

Jendela Berlapis

Jendela berlapis atau double glazed windows memiliki dua lapisan kaca yang ditempatkan dengan jarak udara di antara keduanya. Jarak ini bertujuan untuk mencegah panas keluar atau masuk dalam rumah. Selain itu, jendela berlapis juga mengurangi kebisingan dari luar dan menahan kelembapan.

Jendela berlapis terdiri dari dua jenis, yaitu jendela berlapis gas dan jendela berlapis vakum. Jendela berlapis gas memiliki gas isolasi seperti argon yang diisi pada celah antara dua kaca, sedangkan jendela berlapis vakum menggunakan celah udara.

Meskipun jendela berlapis gas dan jendela berlapis vakum memiliki koefisien U yang lebih baik daripada kaca jendela tunggal, jendela berlapis gas lebih efektif dalam mengurangi suhu di dalam ruangan.

Jendela Berbingkai PVC/U-PVC

Jendela Berbingkai PVC juga dikenal sebagai jendela UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) dan memiliki koefisien U yang sangat rendah, yang membuatnya lebih efektif dalam mengisolasi rumah daripada jendela berbingkai kayu atau aluminium. Bahan PVC yang digunakan pada jendela ini membuatnya tahan terhadap kontak dengan air dan memungkinkan jendela untuk memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca sehingga cocok untuk daerah dengan iklim yang ekstrim.

Selain itu, jendela berbingkai PVC tidak memerlukan banyak perawatan, sulit terbakar, dan tahan terhadap sinar UV yang dapat merusak kaca jendela.

Jendela Bersekat

Jendela bersekat memiliki insulasi yang baik karena terbuat dari beberapa lapisan kaca yang dipisahkan oleh bingkai bersekat. Bingkai ini berfungsi untuk menjaga jarak antar kaca dan mengurangi kebisingan dari luar. Jendela bersekat juga dilengkapi dengan gas isolasi seperti argon dan kripton untuk meningkatkan efisiensi insulasi.

Namun, jendela seperti ini biasanya lebih mahal daripada jendela berlapis atau jendela berbingkai PVC.

Jendela Berbingkai Kayu

Jendela berbingkai kayu memberikan estetika yang tradisional dan indah pada rumah. Namun, kelemahan jendela ini adalah kurang tahan terhadap cuaca dan memerlukan perawatan yang lebih sering daripada jendela lainnya.

Meskipun jendela berbingkai kayu tidak memiliki insulasi yang sebaik jendela PVC atau jendela bersekat, namun jendela kayu juga mempunyai koefisien U yang baik karena dapat menahan panas dengan baik.

Kesimpulan

Dalam memilih jendela yang tepat untuk rumah, pastikan mempertimbangkan kebutuhan insulasi yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan cuaca di sekitar rumah. Jendela berlapis, jendela berbingkai PVC, jendela bersekat, dan jendela berbingkai kayu semuanya mempunyai keunggulan masing-masing dalam memberikan isolasi rumah. Pastikan untuk memahami kebutuhan dan anggaran yang dimiliki sebelum memilih jenis jendela yang tepat untuk rumah.