baydee Door and window picture

Jendela adalah bagian penting dari rumah Anda yang tidak hanya menambah keindahan tetapi juga memberikan perlindungan dan keamanan. Namun, kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa pilihan jendela yang tepat juga bisa memberikan efisiensi energi yang tinggi di rumah Anda.

Membuka jendela seringkali menjadi solusi yang mudah untuk memperbaiki sirkulasi udara dalam rumah. Namun, solusi ini tidak efektif ketika Cuaca dingin atau panas. Jendela tidak dapat menahan kebocoran udara, yang dapat menimbulkan kebocoran energi dan menurunkan efisiensi penting atau menghambat kemampuan air conditioner. Oleh karena itu, penting untuk memilih jendela yang tepat untuk meningkatkan efisiensi energi Anda.

Berikut ini adalah beberapa jenis jendela yang paling efisien dalam menjaga energi tetap di dalam rumah Anda:

1. Jendela Bersertifikat ENERGY STAR

ENERGY STAR adalah sertifikasi paling dikenal di Amerika Serikat yang disediakan oleh Environmental Protection Agency (EPA) Amerika. Jendela dengan label ENERGY STAR terbaik dalam kategori efisiensi energi. Jendela ENERGY STAR biasanya memberikan rasio U-value (nilai konduktivitas termal) yang sangat bagus dan bisa mempertahankan suhu yang tetap sepanjang tahun.

Menurut ENERGY STAR, empat elemen utama yang perlu diperhatikan ketika memilih jendela termasuk Efek Daerah, Pengalir Udara, Kadar Sinar Matahari, dan nilainya sendiri. Jendela dengan sertifikasi ENERGY STAR biasanya lebih mahal namun dapat membantu penghematan uang listrik dalam jangka panjang.

2. Jendela Dengan Kaca Dua atau Tiga Lapis

Kaca ganda adalah jenis kaca dengan dua lapisan kaca yang dipisahkan oleh ruang udara. Kaca ganda biasanya digunakan pada jendela, pintu, dan bahkan langit-langit kaca. Jenis jendela ini dapat membantu mengurangi kebocoran dan mempertahankan suhu di dalam rumah Anda. Kaca ganda sangat efisien karena bisa mengurangi suhu di musim panas dan meningkatkan suhu di musim dingin.

Kaca tiga lapis adalah jenis kaca dengan tiga lapisan kaca yang dipisahkan oleh dua ruang udara. Jenis jendela ini sangat efektif dalam mengeliminasi kebisingan, meningkatkan efisiensi energi, dan membuat suhu di dalam rumah Anda tetap stabil dalam jangka waktu yang lama.

3. Jendela Vinil

Jendela vinil merupakan jenis jendela yang terbuat dari plastik PVC. Jenis jendela ini sangat kuat dan tahan lama. Jendela vinil membutuhkan sedikit perawatan dan tahan lama dalam waktu yang lama. Jenis ini juga ringan dan lebih mudah untuk dipasang. Sangat ideal untuk menghemat uang listrik karena bisa menjaga suhu dalam ruangan tetap stabil.

4. Jendela Tilt and Turn

Jendela Tilt and Turn sangat efektif dalam mengurangi kebocoran udara dan meningkatkan efisiensi energi. Kegunaan jendela ini dengan cukup mudah, cukup dengan menekan pegangan jendela dan membalikkan atau menggoyangkan bagian jendela yang diperlukan. Ketika membuka menjadi posisi kang kayu secara horizontal, jendela ini mampu memberikan akses langsung yang lebih baik ke luar ruangan. Jendela Tilt and Turn akan bekerja secara otomatis, yaitu dengan menutup sendiri ketika angin berhembus keras. Bentuk jendela ini sangat cocok untuk ruangan apa saja, juga akan memberikan sedikit aroma yang lebih segar.

5. Jendela Kayu

Jendela kayu adalah jenis jendela yang paling umum dan tradisional. Jenis jendela ini tentunya tidak bersifat ketat dalam menghindari udara masuk keluar karena material kayu yang lebih mudah untuk pecah. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis jendela kayu yang menawarkan teknologi insulasi yang baik pada sambungannya dan beberapa pilihan pelapisan penguat kasar untuk menjaga suhu tetap stabil dalam ruangan. Jenis jendela kayu ini mampu memberikan kontrol suhu yang lebih baik, membantu menahan suhu, dan menjaga keamanan ruangan Anda.

Pilihan Anda dalam memilih jenis jendela yang tepat harus sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan rumah Anda. Memilih jenis jendela yang tepat juga akan membantu menghemat uang listrik Anda dan melindungi lingkungan Anda. Namun, jenis jendela yang paling efisien adalah jendela yang tidak mengurangi keindahan rumah Anda dan memberikan keamanan setiap saat. Maka, pikirkan dengan bijak sebelum memutuskan membeli jenis jendela untuk rumah Anda.