baydee Door and window picture

Mempertimbangkan gaya jendela yang paling murah merupakan faktor penting jika Anda ingin memasang jendela baru di rumah Anda. Biaya memasang jendela tergantung pada jenis bahan dan ukuran jendela, sehingga memilih model jendela tertentu bisa menentukan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan. Namun, sebelum mengenal lebih dalam tentang jenis jendela terjangkau, perlu juga dipahami bahwa kualitas jendela tidak boleh menjadi hal yang dipertaruhkan. Meskipun memilih jendela yang murah adalah prioritas, tetapi jangan sampai berkompromi dengan kualitas dan ketahanan yang ditawarkan.

Jendela yang paling murah dari segi harga biasanya terbuat dari bahan baja atau alumunium. Ini disebabkan karena material ini dapat dihasilkan massal dan mudah untuk diproduksi dibandingkan bahan lain. Harga jendela dari bahan ini bervariasi, tergantung pada tingkat kualitas dan fitur-fitur yang dimiliki.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh untuk mempertimbangkan model jendela yang murah, pertama-tama Anda perlu mengetahui jenis-jenis jendela yang mungkin cocok untuk rumah Anda.

1. Single-Hung Window

Jenis jendela ini lebih murah dari yang lain. Single-Hung Window memiliki satu sash, sash atas biasanya tetap dan sash bawah dapat diangkat. Jendela ini cukup populer pada saat renovasi, karena memiliki model jendela yang klasik dan sesuai dengan desain bangunan tradisional.

2. Double-Hung Window

Jenis jendela ini mirip dengan Single-Hung Window. Yang membedakan dari jendela yang pertama adalah sash atas dan bawah dapat digerakkan. Model ini lebih populer dan bisa meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Biaya untuk Double-Hung Window bisa lebih mahal dibandingkan dengan Single-Hung Window, tetapi tetap terjangkau di kantong.

3. Sliding Window

Jenis jendela ini biasanya digunakan ketika ruang terbatas untuk membuka dan menutup jendela. Sliding Window beberapa kali lebih murah daripada jenis jendela lainnya. Biasanya, Sliding Window menggunakan kaca tempered yang cukup mahal. Namun, harga kaca tempered tergantung pada ukuran dan ukuran jendela yang Anda gunakan.

4. Casement Window

Jenis jendela ini dibuka dengan membuka pintu ke dalam atau ke luar. Pintu ini biasanya terbuat dari kayu atau alumunium. Jendela ini lebih efisien ketika dibuka, karena lebih mengalirkan udara segar ke dalam ruangan. Untuk biaya Casement Window, biayanya sedikit lebih mahal dari jenis jendela yang lain.

5. Awning Window

Jenis jendela ini mirip dengan Casement Window, tetapi jendela ini dibuka dengan membuka ke atas. Jendela ini lebih efektif digunakan ketika hujan turun, karena desainnya tidak memungkinkan air hujan mengalir ke dalam ruangan. Awning Window lebih mahal dari jenis Single-Hung atau Sliding Window.

Setelah mengetahui jenis-jenis jendela yang cocok untuk rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih model jendela yang tepat.

1. Biaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memilih jendela yang paling murah bisa membantu Anda untuk menghemat lebih banyak uang. Setiap jenis jendela memiliki harga yang berbeda, tergantung pada material dan ukuran. Pastikan untuk memperhitungkan ukuran dan kualitas jendela saat memasang atau mengganti jendela yang ada. Beberapa produsen jendela bahkan menawarkan diskon atau penawaran khusus untuk beberapa jenis jendela.

2. Kualitas

Kualitas jendela sangat penting untuk ketahanan dan kemudahan perawatan. Jendela yang buruk kualitasnya mungkin akan lebih murah, tetapi dalam jangka panjang akan lebih mahal karena perawatan yang diperlukan atau penggantian lebih cepat. Jendela dari bahan PVC atau vinyl mungkin lebih murah, tetapi juga mudah pecah dan rusak dalam musim panas. Jendela dari bahan kayu atau alumunium mungkin lebih tahan lama, tetapi harganya lebih mahal.

3. Estetika

Setiap jenis jendela memiliki tampilan yang berbeda-beda. Bagi sebagian orang, kriteria estetika adalah hal yang penting dalam memilih jendela yang paling tepat untuk rumah. Pastikan jendela yang dipilih dapat membuat rumah Anda terlihat menarik dan cocok dengan desain bangunan yang ada.

Memilih jenis jendela yang paling murah tidak selalu berarti Anda harus mengorbankan kualitas dan estetika. Ada banyak opsi yang terjangkau tanpa mengabaikan kualitas dan gaya. Selama Anda mempertimbangkan faktor-faktor penting seperti biaya, kualitas, dan estetika, Anda akan menemukan jendela terjangkau yang paling cocok untuk Anda.