baydee Door and window picture

Nisbah kekuatan dan ketahanan terhadap bobot komposit menjadikannya sebagai bahan pilihan utama untuk berbagai aplikasi, mulai dari industri penerbangan hingga konstruksi. Dalam industri konstruksi, bahan komposit dapat digunakan untuk membuat jendela yang cukup kuat dan ringan. Namun, seperti halnya dengan semua material, bahan komposit juga memiliki kekurangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas kekurangan bahan komposit untuk jendela.

Ketidaktahanan Terhadap Suhu Tinggi

Salah satu kekurangan utama bahan komposit adalah ketidaktahanan terhadap suhu tinggi. Pada suhu tinggi, bahan komposit dapat mengalami deformasi dan bahkan retak. Ini adalah kekhawatiran penting dalam aplikasi jendela, terutama di daerah yang memiliki suhu udara yang tinggi dan terkena sinar matahari langsung. Pada suhu yang terlalu tinggi, jendela komposit dapat melar dan menyebabkan bocor.

Ketidaktahanan Terhadap Radiasi UV

Bahan komposit juga tidak tahan terhadap radiasi UV. Radiasi UV dapat merusak bahan komposit dan menyebabkan perubahan warna. Pada dasarnya, radiasi UV dapat menyebabkan bahan komposit menjadi lebih rapuh. Radiasi UV juga dapat meningkatkan proses penuaan bahan komposit, khususnya pada jendela yang terkena sinar matahari langsung. Dalam jangka waktu yang lama, pature jendela dapat memudar, menjadi samar, atau bahkan hancur.

Biaya Lebih Tinggi

Bahan komposit jendela relatif lebih mahal daripada bahan bilah jendela kayu atau alumunium. Meskipun bahan komposit kuat dan tahan lama, tetapi penggunaan bahan ini membutuhkan teknologi produksi yang lebih kompleks dan mahal. Harga bahan komposit juga dapat bervariasi tergantung pada kualitas bahan dan jenis aplikasi. Selain itu, tambahan biaya dapat terjadi dalam proses pemasangan jendela, yang mungkin memerlukan keterampilan khusus dan perlengkapan khusus.

Tidak Mudah Dapat Disegel

Bahan komposit tidak mudah dapat disegel dalam instalasi jendela. Hal ini terkait dengan ketidaktahanan bahan komposit terhadap suhu tinggi. Jika jendela tidak tersegel dengan baik, maka udara dingin dapat bocor ke dalam ruangan dan menyebabkan energi yang terbuang. Dalam hal ini, jendela komposit memerlukan perekat dan sealant yang lebih kuat dan tahan terhadap suhu tinggi.

Daur Ulang

Salah satu kekhawatiran lingkungan yang berkaitan dengan bahan komposit adalah sulitnya proses daur ulang. Jendela komposit sulit untuk didaur ulang, terutama jika mereka dimasukkan ke dalam bangunan yang masih digunakan. Ini dapat meningkatkan dampak lingkungan pada saat pembongkaran bangunan. Karena bahan komposit sulit didaur ulang dan memerlukan energi dan sumber daya untuk diproses, mereka dapat memiliki dampak negatif pada lingkungan.

Penutup

Meskipun bahan komposit merupakan bahan yang kuat dan tahan lama, tetapi mereka juga memiliki kelemahan pada aplikasi jendela. Beberapa kekurangan bahan komposit jendela termasuk ketidaktahanan terhadap suhu tinggi dan radiasi UV, biaya yang lebih tinggi, kesulitan dalam pemasangan dan sealant, serta kadar daur ulang yang rendah. Kita harus selalu mempertimbangkan kelemahan ini saat memilih produk jendela untuk digunakan di rumah kita.