baydee Door and window picture

Jendela adalah bagian penting dari rumah, karena tidak hanya melindungi dari cuaca dan elemen lainnya tetapi juga mempengaruhi efisiensi energi. Ketika datang untuk memilih jendela untuk rumah baru atau renovasi rumah, Anda akan menemukan banyak pilihan dan bahan yang berbeda. Dua bahan yang paling umum untuk jendela adalah vinyl dan PVC. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara dua bahan dan mengevaluasi keuntungan dan kerugian masing-masing.

Vinyl Windows

Vinyl adalah plastik jenis polivinil klorida (PVC) yang digunakan untuk membuat jendela. Bahan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an dan menjadi populer karena ketahanannya terhadap cuaca dan iklim. Keuntungan dari jendela vinyl meliputi:

1. Biaya relatif rendah

Bandingkan dengan bahan lain seperti kayu, vinyl jauh lebih murah. Bahkan di pasar yang paling mahal sekalipun, jendela vinyl biasanya tetap lebih murah daripada bahan yang lain.

2. Tahan cuaca

Vinyl sangat tahan terhadap cuaca yang buruk dan kondisi iklim yang berbeda. Ini membuat jendela ini cocok untuk daerah-daerah dengan cuaca ekstrim seperti panas yang berlebihan, hujan dan salju serta kekuatan angin ekstrem.

3. Perawatan mudah

Jendela vinyl tidak memerlukan perawatan yang sulit. Anda hanya perlu membersihkannya satu atau dua kali setahun untuk menjaga kecerahannya.

PVC Windows

PVC windows atau jendela PVC terbuat dari plastik polivinil klorida (PVC) yang sama seperti jendela vinyl. PVC windows dan Vinyl windows secara teknis identik. Namun, PVC lebih terkonsentrasi pada produk yang ditujukan untuk dijual khususnya pada produk tertentu yaitu jendela.

Keuntungan dari jendela PVC meliputi:

1. Tahan air

PVC tahan terhadap air, sehingga tidak terserang oleh kelembapan atau banjir. Jendela PVC adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang tinggal di daerah dengan curah hujan yang tinggi.

2. Efisiensi termal yang baik

PVC menjadi pilihan yang baik untuk interior rumah karena mampu mempertahankan suhu pada tingkat yang tepat. Ini terutama penting di musim dingin ketika suhu ekstrem dapat mempengaruhi kenyamanan di dalam rumah.

3. Suara yang bisa diserap

Jendela PVC menawarkan kemampuan untuk meredam suara dari luar. Hal ini memudahkan saat berada di lingkungan bising seperti kota metropolis.

Kesimpulannya, jendela PVC sangat baik untuk daerah yang memiliki curah hujan tinggi atau kondisi lembap dan memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu dalam ruangan yang tepat. Sementara itu, jendela vinyl adalah pilihan yang baik untuk daerah bersuhu ekstrem atau yang memerlukan biaya yang relatif rendah.

Dalam hal desain, keduanya memiliki berbagai warna dan tampilan pengolahannya, sehingga Anda dapat memilih yang terbaik sesuai dengan gaya rumah Anda. Semua dalam semua, tidak ada yang lebih baik daripada yang lainnya karena semua variabel harus dipertimbangkan terlebih dahulu termasuk biaya, efisiensi, daya tahan, dan gaya. Jangan ragu untuk meminta konsultasi dari ahli, agar Anda dapat memilih jenis jendela yang tepat untuk rumah Anda.