baydee Door and window picture

Jendela adalah elemen penting dalam sebuah rumah. Selain fungsi estetika, jendela juga memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Meskipun ada berbagai macam jenis jendela yang tersedia di pasaran, salah satu jenis yang paling populer saat ini adalah jendela uPVC. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci tentang jendela uPVC, serta manfaat dan keunggulan dari jenis jendela ini.

Apa itu Jendela uPVC?

Jendela uPVC, atau sering disebut dengan jendela PVC, adalah jenis jendela yang terbuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) yang diperkuat dengan bahan tambahan, seperti aluminium. PVC adalah bahan yang cukup populer dalam dunia konstruksi, terutama sebagai bahan pipa. Salah satu keunggulan utama PVC adalah tahan terhadap korosi dan cuaca ekstrem, sehingga membuatnya cocok digunakan di luar ruangan.

Jendela uPVC biasanya memiliki rangka yang terbuat dari bahan PVC, dengan ketebalan sekitar 2,5-3 mm. Rangka ini kemudian diperkuat dengan bahan tambahan, seperti aluminium, untuk memberikan kekuatan lebih. Kaca yang dipasang pada jendela uPVC umumnya berjenis kaca tempered atau laminated, yang lebih kuat dan tahan terhadap pecah.

Keuntungan dari Jendela uPVC

1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem Jendela uPVC terbukti tahan terhadap kondisi cuaca yang berubah-ubah. Jendela ini tidak akan cepat rusak atau lapuk karena terkena sinar UV atau hujan.

2. Tahan Terhadap Korosi PVC adalah bahan yang tahan terhadap korosi. Ketika terkena udara yang lembap atau asam, jendela uPVC tidak akan berkarat atau berubah warna.

3. Tidak Perlu Dirawat Seiring berjalannya waktu, jendela biasanya membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kondisinya tetap baik. Namun, jendela uPVC tidak memerlukan perawatan khusus dalam jangka panjang. Cukup bersihkan dengan kain lembut dan sabun untuk menjaga kebersihan permukaannya.

4. Efisien Energi Jendela uPVC memiliki kemampuan isolasi yang cukup baik. Ini berarti udara dalam ruangan tidak akan keluar begitu saja melalui celah-celah di jendela. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu mengurangi biaya energi yang harus dikeluarkan untuk pengaturan suhu dalam ruangan.

5. Suara Jendela uPVC juga dapat membantu meredam suara yang masuk ke dalam rumah. Jendela ini dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam ruangan yang tenang.

6. Keamanan Jendela uPVC umumnya memiliki sistem pengunci ganda, yang membuatnya lebih sulit untuk dibuka oleh pencuri. Selain itu, bahan PVC yang digunakan pada jendela ini cukup kuat untuk menahan benda-benda yang berat.

7. Estetika Akhir-akhir ini, banyak produsen yang menawarkan jendela uPVC dengan berbagai model dan warna. Dengan begitu, konsumen memiliki banyak pilihan untuk menghasilkan tampilan yang lebih estetik di rumah.

Kesimpulan

Jendela uPVC adalah pilihan yang tepat untuk orang yang ingin memiliki jendela yang tahan lama, tahan terhadap cuaca ekstrem dan efisien energi. Meskipun harganya sedikit lebih mahal daripada jendela konvensional, jendela uPVC cukup murah dalam jangka panjang karena tidak memerlukan perawatan khusus dan dapat membantu mengurangi biaya energi. Selain itu, keselamatan dan ketenangan yang ditawarkan oleh jendela uPVC membuatnya menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang.