baydee Door and window picture

uPVC atau unplasticised poly vinyl chloride adalah bahan yang digunakan untuk membuat jendela dan pintu. Bahan ini memiliki keunggulan yang cukup terkenal, seperti tahan terhadap cuaca, tahan api, rentan terhadap kebocoran udara dan tidak memerlukan perawatan yang banyak. Namun, seperti halnya bahan lain, uPVC windows juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan untuk menghindari kerugian di masa depan.

1. Tidak Ramah Lingkungan

Salah satu kekurangan dari uPVC windows adalah kurang ramah lingkungan. Meskipun uPVC diproduksi dengan bahan daur ulang, namun ketika dipasang dan digunakan secara besar-besaran, ini masih bisa menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan. Karena uPVC windows tidak dapat didaur ulang, maka jendela dan pintu ini akan sulit untuk dibuang di masa depan.

2. Rentan Terhadap Pemanasan

Salah satu kelemahan dari uPVC windows adalah rentan terhadap pemanasan. Ketika ditempatkan di lingkungan yang sangat panas, seperti daerah beriklim tropis, uPVC windows dapat mengalami deformasi dan retak. Ini disebabkan oleh sifat bahan uPVC yang mudah melunak saat terkena panas, sehingga dapat mempengaruhi stabilitas jendela dan mengurangi umur pakai dari produk tersebut.

3. Tidak Mudah Diperbaiki

Meskipun uPVC windows terkenal tahan terhadap cuaca, namun ketika terjadi kerusakan, tidak semua jendela bisa diperbaiki. Ini karena bahan uPVC tidak mudah dilas jika dalam kondisi rusak. Jika jendela Anda mengalami kerusakan yang cukup mendasar, maka Anda mungkin perlu mengganti jendela secara keseluruhan, yang artinya biaya tambahan, dan belum lagi biaya lingkungan yang terkait dengan pembuangan jendela yang rusak.

4. Kurang Cocok Untuk Bangunan Bersejarah

Karena tampilan dan desain uPVC windows cukup modern, maka jendela ini mungkin tidak cocok dengan bangunan bersejarah atau tradisional. Jendela klasik lebih cocok untuk bangunan yang memiliki dekorasi yang dramatis yang mencerminkan keindahan arsitektur zaman dahulu. Jendela uPVC terlihat kaku dan canggih, sesuatu yang tidak dapat disatukan dengan bangunan klasik.

5. Tidak Resistant Terhadap Serangan Pemadaman Kebakaran

Bayangkan jika terjadi kebakaran dan jendela Anda tidak tahan terhadap panas api, bahkan nyala api mampu merambat masuk ke dalam rumah. Tentu saja, ini sangat berbahaya, dan itulah mengapa jendela harus mampu withstand terhadap serangan api.

Berdasarkan faktor-faktor tersebut di atas, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memasang uPVC windows di rumah Anda. Jika Anda tinggal di lingkungan yang memiliki cuaca ekstrem, misalnya daerah yang sangat panas atau dingin, atau jika Anda tinggal di lingkungan yang rentan terhadap kebakaran, maka Anda harus mempertimbangkan jendela uPVC yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa jendela uPVC dipasang oleh tenaga ahli yang berpengalaman. Jendela uPVC yang buruk pasangannya dapat mengakibatkan kebocoran udara, kerusakan, bahkan kebocoran air yang menyebarkan ruangan Anda. Pastikan Anda memilih pemasang jendela yang terpercaya dan dapat diandalkan untuk hasil terbaik.

Terakhir, juga perlu diingat bahwa jendela uPVC tidak selalu cocok untuk semua jenis bangunan atau interior. Sebelum memutuskan untuk memasang jendela uPVC, pastikan bahwa itu akan cocok dengan gaya eksterior dan interior rumah Anda. Dengan mempertimbangkan semua hal ini, Anda dapat memilih jendela uPVC yang tepat dan memperoleh manfaat dari semua keuntungan yang ditawarkan tanpa terkena kerugian yang tidak diinginkan.