baydee Door and window picture

Jendela fiberglass telah menjadi pilihan populer di kalangan pemilik rumah karena keunggulannya dalam hal kekuatan, daya tahan dan efisiensi energi. Namun, seperti kebanyakan produk, juga ada kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menginstal jendela fiberglass.

Berikut adalah beberapa kekurangan yang harus diperhatikan saat mempertimbangkan penggunaan jendela fiberglass:

1. Biaya yang lebih tinggi

Salah satu kelemahan utama dari jendela fiberglass adalah biayanya yang lebih mahal dibandingkan dengan jendela vinyl atau aluminium. Meskipun biaya awal mungkin lebih tinggi, investasi jangka panjang dapat menghemat uang pada tagihan energi dan biaya pemeliharaan.

2. Instalasi yang sulit

Jendela fiberglass lebih berat dari jendela vinyl atau aluminium, sehingga dapat mempersulit proses instalasi. Selain itu, jendela fiberglass juga memerlukan pemasangan khusus dan lebih rumit, seperti kaca yang diletakkan dengan rapat untuk memastikan kekuatan struktural yang diperlukan.

3. Terbatas pada warna dan gaya

Saat ini jendela fiberglass memiliki variasi warna dan gaya yang terbatas dibandingkan jendela vinyl atau aluminium. Produsen jendela fiberglass terus meningkatkan pilihan produk mereka, tetapi tetap saja kurang dibandingkan dengan varietas lain.

4. Pemasangan kaca dan bingkai yang rapat

Semua komponen jendela fiberglass harus dipasang dengan sangat rapat satu sama lain untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktural yang diperlukan. Ini mungkin memerlukan keterampilan yang lebih besar dan waktu yang lebih lama dibandingkan jenis jendela lainnya.

5. Mudah tergores dan terkena panas

Meskipun jendela fiberglass dikenal kuat dan tahan lama, permukaannya tetap dapat tergores dan terlihat cacat jika tidak dirawat dengan baik. Selain itu, jika jendela fiberglass terkena sinar matahari langsung, maka kerapatan dan warnanya dapat rusak seiring waktu.

6. Pengembangan pada suhu yang ekstrem

Jendela fiberglass umumnya dikenal tahan terhadap suhu panas dan dingin. Namun, pada suhu ekstrem, khususnya pada suhu yang tinggi, mereka dapat mengalami perubahan dimensi yang menyebabkan masalah dalam jangka panjang. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakcocokan antara jendela dan bingkai, serta masalah lain yang dapat berdampak pada fungsionalitasnya.

7. Tidak dapat diubah atau direkayasa kembali

Sekali jendela fiberglass diproduksi, ia tidak dapat diubah atau direkayasa kembali seperti jendela aluminium atau vinyl. Ini berarti bahwa jika Anda ingin memasang jendela yang lebih besar atau memiliki desain yang lebih unik, Anda harus memesan baru. Ini memerlukan waktu dan biaya tambahan yang harus dipertimbangkan.

Pada akhirnya, memilih antara jendela fiberglass dan jenis jendela lainnya tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi Anda. Meskipun ada kelemahan yang harus dipertimbangkan, secara keseluruhan jendela fiberglass masih merupakan pilihan yang canggih dan tahan lama. Dengan mendapatkan informasi yang akurat tentang setiap jenis jendela, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam melindungi rumah Anda dan meningkatkan efisiensi energi.