baydee Door and window picture

"Unable to add this file. Please check that it is a valid photo" merupakan pesan error yang sering muncul pada saat kita hendak mengunggah foto atau gambar di internet, misalnya pada social media atau website. Pesan ini menandakan bahwa file yang kita hendak unggah tidak dapat diakses atau berekstensi yang tidak sesuai dengan format yang diinginkan oleh sistem.

Ada beberapa alasan mengapa pesan error ini muncul, diantaranya:

1. File format tidak sesuai Format file sangat penting dan berpengaruh pada kelancaran mengunggah sebuah gambar maupun foto. Sebagian besar sistem mendukung format seperti JPEG, PNG, BMP, dan GIF. Namun, format yang tidak didukung seperti TIFF atau RAW akan mengakibatkan pesan error ini muncul.

2. Ukuran file terlalu besar Ukuran file juga menjadi faktor penyebab pesan error ini muncul. Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunggahnya dan akan semakin berat bagi sistem sehingga menyebabkan pesan error. Ukuran file yang dianjurkan adalah sekitar 1 MB atau kurang.

3. Koneksi internet yang tidak stabil Koneksi internet yang buruk akan menyebabkan proses pengunggahan menjadi terhambat atau bahkan gagal seluruhnya. Hal ini seringkali terjadi ketika kita menggunakan jaringan Wi-Fi publik atau ketika sinyal internet di daerah kita tidak stabil.

4. File rusak File yang rusak atau corrupted tidak akan dapat diunggah ke dalam sistem. Hal ini disebabkan karena tidak adanya metadata di dalam file atau tidak dapat dibaca oleh komputer.

Jika kita mengalami masalah dengan pesan error "Unable to add this file. Please check that it is a valid photo", ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:

1. Mengganti format file Jika format file yang kita hendak unggah tidak didukung, kita bisa mencoba untuk menggantinya dengan format yang didukung. Contohnya, kita bisa mengubah format file TIFF menjadi JPEG atau PNG agar dapat diunggah ke sistem yang kita gunakan.

2. Mengubah ukuran file Jika sebelumnya ukuran file terlalu besar, kita bisa mengubah resolusi atau ukuran file agar lebih kecil dan dapat diunggah dengan cepat. Banyak aplikasi edit foto atau gambar yang dapat membantu mengubah ukuran file dengan mudah.

3. Memperbaiki koneksi internet Kita dapat mencoba untuk memperbaiki koneksi internet yang buruk dengan mengganti jaringan Wi-Fi atau mencoba menggunakan koneksi data seluler yang lebih stabil. Pastikan juga bahwa sinyal Wi-Fi yang kita gunakan cukup kuat dan stabil.

4. Menggunakan aplikasi atau software lain Jika pesan error ini terus muncul meskipun sudah melakukan cara di atas, kita bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi atau software yang berbeda untuk mengunggah foto atau gambar. Mungkin saja aplikasi atau software yang kita gunakan sebelumnya tidak cocok atau tidak dibuat untuk mengunggah file dengan format tertentu.

Dalam melakukan pengunggahan file, kita harus mengecek dengan baik format dan ukuran file yang hendak diunggah agar tidak mengalami masalah dengan pesan error "Unable to add this file. Please check that it is a valid photo". Jika terdapat hal yang tidak sesuai, sebaiknya segera lakukan perbaikan agar file dapat diunggah dengan lancar dan tidak mengganggu kenyamanan kita maupun pengguna lainnya.