baydee Door and window picture

Sliding Sash Windows atau jendela geser adalah salah satu jenis jendela yang paling banyak digunakan di rumah-rumah modern saat ini. Namun, apa sebenarnya yang membuat jendela ini menjadi begitu populer? Berikut adalah beberapa informasi tentang Sliding Sash Windows dan keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaannya.

1. Sejarah sliding sash window

Sliding Sash Windows ditemukan pertama kali di Inggris pada abad ke-17. Saat pertama kali ditemukan, jendela ini dikenal dengan nama "Yorkshire sliding sash" atau "Yorkshire light". Pada saat itu, jendela ini hanya dikenal oleh kalangan elit seperti bangsawan dan kelas atas, karena hanya mereka yang mampu membelinya.

Namun, seiring perkembangan teknologi dan produksi massal, Sliding Sash Windows akhirnya menjadi lebih terjangkau dan mereka menjadi semakin populer sebagai salah satu jenis jendela yang paling umum digunakan di rumah-rumah modern saat ini.

2. Keuntungan menggunakan Sliding Sash Windows

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan Sliding Sash Windows adalah fleksibilitas dalam penggunaan. Anda bisa membuka jendela dari bawah, dari atas atau dari kedua arah tersebut. Hal ini membuat ventilasi udara di dalam ruangan menjadi lebih maksimal dan memberikan ruangan sirkulasi udara yang lebih baik. Selain itu, penggunaan Sliding Sash Windows bisa meningkatkan aliran udara di dalam rumah, yang bisa membantu menjaga suhu di dalam ruangan tetap stabil, terlebih lagi di daerah yang memiliki iklim tropis dan lembap.

Selain itu, Sliding Sash Windows memiliki tampilan yang elegan dan estetik, sehingga bisa memberikan kemewahan visual pada interior rumah Anda. Mereka bisa dipasang di hampir semua jenis rumah, dari rumah tradisional hingga modern, dan mudah dioperasikan hanya dengan mendorong kaca jendela ke samping.

3. Konstruksi Sliding Sash Windows

Konstruksi dari Sliding Sash Windows terdiri dari dua atau lebih kaca yang dihubungkan oleh rangka kayu atau rangka aluminium. Ada banyak pilihan kaca yang bisa Anda gunakan untuk jendela ini, mulai dari kaca biasa hingga kaca laminasi, kaca tempered, atau kaca dengan lapisan energi efisien.

Sementara itu, rangka yang digunakan untuk Sliding Sash Windows terbuat dari kayu atau aluminium. Pilihan dari bahan rangka ini sangat tergantung pada selera dan kebutuhan pengguna. Namun, untuk Sliding Sash Windows yang memiliki bentuk kurang standar, misalnya jendela dengan bentuk melengkung atau segi empat, bahan kayu mungkin lebih ideal untuk digunakan.

4. Perawatan Sliding Sash Windows

Perawatan Sliding Sash Windows relatif mudah dilakukan, terutama apabila jendela tersebut dilengkapi dengan lapisan pelindung atau bahan finishing yang tahan cuaca. Namun, beberapa jendela harus dirawat lebih sering tergantung pada lokasi dan kondisi lingkungan dimana jendela tersebut berada.

Salah satu point yang penting untuk membuat jendela sliding sash anda tahan lama adalah dengan rajin membersihkan jendela tersebut. Membersihkan jendela sliding sash meliputi menghapus debu dan kotoran dari peralatan jendela, memeriksa penguncian, dan membersihkan sisa-sisa jamur atau kerak yang tertinggal pada frames jendela tersebut. Anda juga bisa mengoleskan bahan pelindung kayu pada frames kayu, atau mengecat ulang rangka aluminium secara berkala untuk menjaga tampilan dan kinerja Sliding Sash Windows tersebut.

5. Kinerja Sliding Sash Windows

Salah satu keuntungan besar dari penggunaan Sliding Sash Windows adalah efisiensi energi yang dimilikinya. Jendela jenis ini dapat membantu mengurangi penggunaan AC dan pemanas, terutama di cuaca yang tidak terlalu ekstrem. Dengan memilih kaca berkualitas tinggi, Sliding Sash Windows bisa membantu meredam panas dan suara dari luar ruangan, sehingga memberikan kenyamanan lebih pada penghuni rumah.

Sliding Sash Windows juga dilengkapi dengan pengunci yang dapat meningkatkan keamanan rumah Anda. Selain itu, penggunaan jendela ini juga bisa membantu meningkatkan nilai properti, terutama apabila rumah tersebut akan dijual di kemudian hari.

Kesimpulan

Sliding Sash Windows adalah salah satu jenis jendela yang sangat populer dan banyak digunakan di rumah-rumah modern saat ini. Dengan tampilan yang elegan dan estetik serta kinerja yang efisien, Sliding Sash Windows adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan, keamanan dan nilai properti bagi rumah mereka. Dan dengan melakukan perawatan rutin dan pemilihan kaca berkualitas tinggi, Anda bisa menikmati manfaat dari penggunaan Sliding Sash Windows untuk jangka waktu yang lama.