baydee Door and window picture

Windows merupakan sistem operasi yang paling populer di seluruh dunia. Saat ini, ada banyak versi Windows yang rilis dengan berbagai fitur baru dan terus di-updated agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Di antara semua versi Windows yang ada, beberapa jenis dianggap sebagai Windows paling populer. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa Windows paling populer yang pernah diluncurkan oleh Microsoft.

1. Windows 10 Windows 10 adalah varian yang paling populer dari Windows yang tersedia saat ini. Dengan beberapa juta pengguna di seluruh dunia, Windows 10 telah menjadi sistem operasi terdepan dalam menggunakan teknologi dan mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Windows 10 memiliki beberapa fitur yang sangat baik, seperti Cortana, Assistant digital milik Windows yang akan membantu dari mencari file hingga menjawab pertanyaan. Selain itu, Windows 10 juga memiliki berbagai aplikasi yang sangat berguna, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint, yang diperlukan oleh banyak pengguna.

2. Windows 7 Windows 7 adalah pendahulu Windows 10. Meskipun sudah memiliki banyak keluaran versi baru, Windows 7 masih banyak digunakan hingga saat ini. Ini karena Windows 7 memiliki antarmuka pengguna yang sangat user-friendly dan mudah digunakan, serta terkenal stabil dan sangat tahan lama. Windows 7 juga memiliki fitur-fitur keren seperti fitur Aero Snap, yang memungkinkan pengguna mengoptimalkan ruang layar menggunakan jendela aplikasi, dan fitur Aero Shake, yang memungkinkan pengguna untuk memperkecil jendela aplikasi lain dengan cara mengocok mouse secara cepat.

3. Windows XP Windows XP masih menjadi pilihan populer bagi banyak orang, meskipun sudah beberapa tahun berlalu sejak diluncurkan pada tahun 2001. Windows XP sangat populer karena kemudahan penggunaannya dan stabilitasnya. Windows XP juga memiliki interface yang sederhana, dan menjadi basis bagi banyak aplikasi dan perangkat lunak yang tersedia saat ini.

4. Windows 8 Windows 8 adalah varian Windows yang sangat inovatif, dengan fitur-fitur seperti dukungan layar sentuh dan interface Metro. Windows 8 dirilis pada tahun 2012, tetapi tidak begitu populer sebagaimana Windows 10 atau Windows 7. Ini karena Windows 8 memperkenalkan tampilan yang berbeda dari Windows sebelumnya dan beberapa pengguna menganggap tampilannya terlalu terkesan modern, sehingga sulit untuk digunakan untuk pekerjaan sehari-hari.

5. Windows Vista Windows Vista dirilis pada tahun 2006 dan dianggap sebagai varian Windows paling kontroversial. Windows Vista dikenal karena menghadirkan perubahan interfacenya yang radikal dan menjadi target kecaman banyak pengguna. Dalam sejarah panjang Microsoft, tidak ada varian Windows lain yang menerima kritik sebanyak ini. Namun, ternyata Windows Vista sangat stabil dan memiliki beberapa fitur yang sangat baik, seperti fitur Parental Control, dan Windows Search yang memudahkan pencarian file dalam sistem.

Kesimpulannya, ada beberapa jenis sistem operasi Windows yang populer dan digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Windows 10 adalah varian paling populer dan paling baru, tetapi varian Windows lain seperti Windows 7 dan Windows XP masih digunakan oleh banyak pengguna karena fitur-fitur luar biasa mereka. Apapun pengoperasian yang Anda pilih, penting untuk selalu menginstal pembaruan terbaru dan memastikan sistem Anda tetap aman untuk digunakan.