baydee Door and window picture

Sliding Windows adalah jendela dengan mekanisme pembukaan yang menggeser ke samping atau mendatar. Jenis jendela ini banyak dipilih karena selain menyediakan sirkulasi udara yang baik, Sliding Windows sangat mudah dioperasikan. Selain itu, Sliding Windows juga dapat digunakan baik untuk rumah modern maupun rumah tradisional.

Keuntungan Sliding Windows

Tidak seperti jendela tradisional yang membuka dengan mengayun, Sliding Windows terbuka dengan menggeser, membuatnya lebih hemat ruang. Hal ini sangat berguna, terutama pada saat melakukan perawatan atau pembersihan bingkai jendela. Selain itu, Sliding Windows memiliki sistem kunci yang mudah digunakan, karena hanya berupa anak kunci kecil yang menonjol dari bingkai. Dengan hanya satu sedikit putaran, Sliding Windows bisa dibuka dan tertutup dalam sekejap.

Sliding Windows juga terkenal dengan tampilan elegan dan modernnya, yang dapat mengubah tampilan bangunan menjadi lebih segar dan terang. Selain itu, Sliding Windows juga memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruangan pada siang hari sehingga penghuni rumah tidak memerlukan lampu listrik di siang hari. Jendela ini juga membantu mengurangi suhu di dalam ruangan karena memberikan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara.

Jenis-jenis Sliding Windows

1. Sliding Windows Konvensional

Ini adalah jenis Sliding Windows paling umum yang terdiri dari dua daun jendela vertikal yang terpisah oleh jarak kecil di antara keduanya. Kedua daun ini melekat pada pelari yang terletak vertikal di sepanjang bingkai, sehingga memungkinkan jendela untuk digeser ke samping untuk membuka atau menutupnya. Jarak antara dua pelari dapat disesuaikan agar kedua daun jendela tersebut dapat dengan mudah bergerak di sepanjang bingkai.

2. Sliding Windows Geser dan Lipat

Ini adalah jenis Sliding Windows yang sangat fleksibel dan memiliki dua fungsi yang berbeda. Pertama, bisa digunakan sebagai Sliding Windows biasa yang dapat digeser ke samping. Kedua, sebagai aksi tambahan, daun jendela juga bisa ditekuk menjadi satu lapisan atau lipat untuk menawarkan sirkulasi udara yang lebih baik. Sliding Windows ini banyak dipilih untuk rumah minimalis atau apartemen.

3. Sliding Windows Vertikal

Ini adalah jenis Sliding Windows yang memiliki daun jendela vertikal tunggal yang digeser ke samping. Rentang geserannya bisa besar dan bergantung pada ukuran jendela. Biasanya, jendela vertikal digunakan sebagai pintu balkon atau teras. Model ini juga bisa dipasangkan pada ruang tamu atau kamar tidur.

Kelemahan Sliding Windows

Walaupun Sliding Windows menawarkan banyak keuntungan, namun ada beberapa kelemahan yang juga perlu diperhatikan. Pertama, Sliding Windows mudah menimbulkan suara bising atau kerikil ketika digeser. Hal ini bisa mengganggu ketenangan di dalam rumah. Kedua, Sliding Windows rentan terhadap kebocoran air jika digunakan sebagai pintu teras atau balkon. Karena itu, perlu diperiksa sistem pengurasan secara berkala untuk menghindari kerusakan akibat air.

Ketiga, tampilan Sliding Windows yang terdiri dari kaca membuatnya mudah tergores atau pecah. Oleh karena itu, semakin penting untuk memilih kaca yang berkualitas dan tahan lama. Ada banyak pilihan kaca yang dapat dipilih, seperti dengan memilih kaca laminasi, kaca tempered atau kaca jelajah.

Terakhir, Sliding Windows dapat menjadi masalah ketika terkena angin kencang atau badai. Untuk mencegah kerusakan, periksa dan pastikan bahwa jendela sudah terkunci dan tepat pada posisi, supaya tidak terjadi longsoran pada saat terkena angin. Selain itu, periksa juga kualitas bahan frame yang digunakan saat membeli jendela.

Kesimpulan

Sliding Windows adalah jendela modern yang sangat populer dan memberikan banyak keuntungan, antara lain hemat ruang, mudah dioperasikan, tampilan elegan dan modern. Ada beragam jenis Sliding Windows yang bisa dipilih, setiap jenisnya menawarkan beberapa keuntungan dan kelemahan. Oleh sebab itu, sangat penting melihat kebutuhan ruangan dan sirkulasi udara sebelum Membeli jenis Sliding Windows yang akan dipakai di dalam rumah.

Previous: Next: