baydee Door and window picture

Jika Anda tinggal di daerah yang sering dilanda badai, Anda pasti pernah bertanya-tanya, apakah jendela kaca rumah Anda akan bertahan jika terkena angin kencang hingga 200 mil per jam?

Saat itu, waktu mulai menjadi genting karena Anda harus melindungi diri dan rumah Anda dari cuaca buruk yang mungkin terjadi. Dan jendela merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan seksama.

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan apakah jendela Anda akan bertahan dalam keadaan seperti ini. Selain kekuatan kaca, struktur jendela juga harus mempertimbangkan tekanan angin, yang dapat memberi tekanan pada salah satu sisi jendela dan mengancam untuk menjatuhkannya.

Pabrikan jendela biasanya merancang jendela mereka untuk memenuhi standar tertentu yang ditentukan oleh badan pengawas, di mana jendela harus dites dalam kondisi tertentu untuk memastikan bahwa mereka dapat menahan angin dengan kecepatan tertentu. Secara umum, jendela yang memenuhi atau melebihi standar tersebut harus dapat menahan angin hingga kecepatan 100 mil per jam.

Namun, jendela yang dirancang untuk wilayah yang lebih sering terkena badai, seperti daerah pesisir, biasanya dirancang untuk dapat menahan kecepatan angin yang lebih tinggi, yaitu sekitar 150 mil per jam. Ini memberikan jendela tambahan kekuatan untuk mencegah kerusakan akibat tekanan angin dan hantaman benda-benda lain.

Tetapi, bisa jadi wilayah Anda masih memerlukan jendela dengan kemampuan yang lebih baik, terutama jika Anda tinggal di daerah yang sering mengalami badai besar, seperti Badai Katrina dan Irma di Amerika Serikat, yang dihantam kecepatan angin hingga 200 mil per jam.

Jadi, apakah jendela bisa bertahan dalam kondisi ini?

Jawabannya adalah mungkin. Banyak faktor yang akan mempengaruhinya, termasuk kekuatan struktur rumah dan material yang digunakan untuk memperkuat jendela.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat jendela yang lebih tahan terhadap cuaca buruk termasuk alumunium, vinyl, dan kayu yang diperkuat. Jendela dengan bingkai alumunium sering dianggap sebagai pilihan terbaik untuk wilayah yang sering terkena badai, karena kekuatannya yang tinggi dan daya tahan yang lama.

Namun, tidak ada jendela yang dapat dijamin akan bertahan dalam kondisi seperti itu. Jadi, jika Anda tinggal di wilayah yang sering terkena badai dan angin kencang, lebih baik mengambil tindakan pencegahan.

Salah satu cara untuk melindungi jendela Anda dari kerusakan adalah dengan menginstal tutup jendela berbahaya, yang dapat melapisi dan melindungi jendela dari benda-benda yang terbawa angin. Anda juga bisa menginstal kaca film yang lebih tahan terhadap pecahan untuk meminimalkan risiko cedera pada penghuni rumah.

Yang perlu dipahami adalah, para pabrikan jendela terus berinovasi dan melakukan pengembangan pada produk mereka untuk meningkatkan kemampuan tahan jendela terhadap kekuatan angin. Tingkat keberhasilan material jendela terhadap angin kencang sudah mencapai hasil yang sangat efektif, menyelamatkan kehidupan dan mengurangi kerugian properti ketika badai melanda.

Untuk saat ini, cara paling aman adalah melakukan persiapan sebaik mungkin sebelum menghadapi cuaca buruk. Pastikan jendela Anda dalam keadaan baik-baik saja dan memastikan bahwa rumah Anda memiliki struktur yang dapat menahan tekanan angin. Mengamankan jendela Anda dari kerusakan saat badai tiba adalah tindakan awal yang penting untuk menghindari kerusakan dan memperkuat keselamatan di rumah Anda.

Jangan meremehkan bahaya yang mungkin diakibatkan oleh cuaca buruk. Hal terpenting adalah selalu siap dalam menghadapinya, dan senantiasa menjaga keselamatan diri sendiri dan keluarga.